Masa Pendaftaran PS Magister Teknik Sipil Universitas Jember Gel. 3 Diperpanjang Sampai 4 Juli 2020

Program Studi Magister Teknik Sipil (PS MTS) Universitas Jember membuka pendaftaran mahasiswa untuk tahun ajaran 2020/2021. Jadwal pendaftaran dan persyaratan pendaftaran dapat dilihat pada web http://pasca.unej.ac.id. Adapun proses pendaftaran dan buku panduan dapat diunduh pada tautan: https://sister.unej.ac.id/pascasarjana

PS MTS Universitas Jember didirikan pada tahun 2016 berdasarkan SK Kemenristek Dikti No: 513/KPT/I/2016 tertanggal 7 Desember 2016. Berdasarkan keputusan BAN-PT No.  2996/SK/BAN-PT/Akred/M/VIII/2019 pada tanggal 13 Agustus 2019, Program Studi Magister Teknik Sipil Universitas Jember dinyatakan terakreditasi B.

Visi PS-MTS adalah: Menjadi program studi magister teknik sipil yang unggul dalam pengembangan teknologi infrastruktur yang berkelanjutan dalam kerangka
pengelolaan bencana
.

Misi PS-MTS adalah:
1) Menyelenggarakan pendidikan program magister teknik sipil yang profesional, beretika, dan mampu bersaing di era global.
2) Mengembangkan riset tepat guna dan menghasilkan publikasi yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat.
3) Melaksanakan pengabdian masyarakat yang berdampak pada peningkatan kualitas hidup masyarakat yang berkelanjutan.
4) Mengembangkan kerjasama nasional dan internasional untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas program studi.

PS MTS saat ini memiliki satu bidang peminatan yaitu “Manajemen Infrastruktur Kebencanaan”. Kompetensi yang dituju ditekankan pada masalah kebencanaan dengan mempertimbangkan wilayah Indonesia timur yang rawan akan terjadinya bencana. Lulusan diharapkan mampu mengimplementasikan pengetahuan dan teknologi teknik sipil untuk mengurangi risiko terjadinya bencana serta kerugian yang ditimbulkan jika bencana terjadi.

Selain itu, ada dua bidang peminatan baru yang sedang dalam proses untuk dibuka yaitu:

  1. Manajemen dan Rekayasa Sumber Daya Air
  2. Rekayasa Struktur

Untuk mendapatkan gelar Magister Teknik (MT), mahasiswa perlu menempuh 41 SKS yang terdiri atas 34 SKS mata kuliah wajib dan 7 SKS mata kuliah pilihan. Dalam perkuliahan, mahasiswa memiliki kesempatan untuk mengikuti mata kuliah berikut:

  1. Pengelolaan Bencana
  2. Riset Operasi dan Komputasi
  3. Sistem Peringatan Dini dan Sistem Informasi Geografis
  4. Manajemen Aset infrastruktur
  5. Metode Penelitian dan Statistik Terapan
  6. Asesmen dan Mitigasi Kerawanan Gempa (mata kuliah pilihan)
  7. Prediksi dan Mitigasi Banjir
  8. Prediksi dan Mitigasi Tsunami (mata kuliah pilihan)
  9. Perubahan Iklim dan Asesmen Kekeringan (mata kuliah pilihan)
  10. Asesmen dan Mitigasi Longsor
  11. Rekonstruksi dan Rehabilitasi Struktur
  12. Topik Khusus (mata kuliah pilihan yaitu memilih salah satu di antara Topik Khusus Gempa / Sumber Daya Air / Longsor / Rehabilitasi Infrastruktur )
  13. Publikasi
  14. Tesis

Terdapat enam laboratorium yang dapat digunakan mahasiswa untuk melakukan penelitian yaitu:

  1. Laboratorium Struktur
  2. Laboratorium Transportasi
  3. Laboratorium Geoteknik
  4. Laboratorium Manajemen Konstruksi
  5. Laboratorium Hidroteknik
  6. Laboratorium Pemetaan

PENDAFTARAN PROGRAM S-2
Pendaftaran calon mahasiswa S-2 dilakukan melalui internet (online) dengan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 600.000,00 (enam ratus  ribu rupiah) di Bank BNI 46 dan mengisi formulir yang tersedia pada website https://sister.unej.ac.id/pascasarjana . Biaya yang sudah dibayarkan tidak bisa diambil lagi.

Syarat Pendaftar Program S-2:

  1. Pelamar dari jenjang pendidikan sarjana (S1 atau D4) memiliki kinerja akademik dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) minimal 2,75 untuk yang berakreditasi A, 3,00 berakreditasi B, dan 3,25 berakreditasi C.
  2. Lolos seleksi TPA (Tes Potensi Akademik) dan TKBI (Tes Kemampuan Bahasa Inggris) masing-masing dengan skor minimal 450.
  3. Menyerahkan salinan ijazah dan transkrip akademik S-1 yang telah dilegalisir.
  4. Memiliki Surat rekomendasi dari 2 orang yang mengetahui kemampuan akademik pendaftar. (Buka Disini)
  5. Menyampaikan proyeksi tertulis keinginan pendaftar dalam mengikuti program S-2 yang berisi alasan, harapan, dan rencana setelah selesai kuliah S-2.
  6. Surat izin dari instansi/lembaga tempat bekerja (bagi calon yang sudah bekerja).
  7. Surat keterangan sehat dari dokter.

Informasi lebih detail dapat dilihat pada pamflet berikut:

extended-brochure