Pengukuran kepuasan para pemangku kepentingan terhadap layanan manajemen di FT UNEJ dilakukan dengan cara mengumpulkan opini subyek secara individual dari responden. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen daftar pertanyaan (kuesioner) dengan model pertanyaan tertutup. Responden diminta untuk memberikan persepsinya pada setiap pernyataan sesuai keadaan yang dirasakan/realita dan diharapkan oleh responden. Bentuk kuesioner berupa skala Likert dengan poin, dengan rating 1 (sangat tidak puas), 2 (tidak puas), 3 (puas) dan 4 (sangat puas) dengan bantuan sistem informasi berbasis web yang dapat diakses pada laman http://akreditasi.teknik.unej.ac.id/ftsurvei/. Link tersebut disebar melalui grup-grup mahasiswa,dosen, tenaga kependidikan maupun alumni. Adapun teknik lain adalah menghubungi mahasiswa, dosen,tenaga kependidikan, alumni, pengguna lulusan dan mitra kerjasama melalui kontak HP untuk diminta mengisi kuesioner.
Pengukuran Indeks Kepuasan digunakan untuk melihat bagaimana gambaran kepuasan yang dirasakan oleh civitas akademika Fakultas Teknik, alumni, pengguna lulusan dan mitra kerjasama terhadap layanan yang diberikan oleh unit-unit kerja di lingkungan Fakultas Teknik. Metode analisis yang digunakan untuk pengukuran indeks kepuasan civitas akademika mengacu kepada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik. Uji validitas terhadap instrumen survei juga dilakukan untuk mengetahui kelayakan dan kesesuaian item pertanyaan sebagai pengukur dalam memperoleh responden. Setelah dilakukan uji validitas, berikutnya uji reliabilitas dilakukan untuk mengetahui tingkat konsistensi dari kuesioner serta memastikan kepercayaan terhadap kuesioner tersebut walaupun dilakukan pengumpulan data secara berulang-ulang dengan kuesioner yang sama. Pengukuran kepuasan ini dilakukan secara periodik yaitu satu tahun sekali dan datanya terekam pada Sistem Informasi Penjaminan Mutu FT (SiJAMU).
Adapun hasil survey kepuasan ditampilkan pada tabel berikut ini :
Indikator | Mutu Layanan | Kinerja Layanan | Keterangan |
Kepuasan Dosen atas atmosfer akademik | B | Baik | Dosen merasa puas terhadap suasana hubungan kerja di Prodi maupun di kelompok riset serta keberagaman suku, agama, ras, dan disabilitas di FT |
Kepuasan Dosen atas layanan pengelolaan dan pengembangan SDM | B | Baik | Dosen merasa puas terhadap penugasan dosen sesuai kompetensinya, proses kenaikan pangkat, ketersediaan fasilitas pengembangan karir, keterbukaan informasi pengembangan jabatan structural, pemberian reward terhadap prestasi yang dicapai serta pemerataan tugas tambahan yang diberikan oleh pimpinan FT |
Kepuasan Dosen atas layanan pengelolaan keuangan, sarana dan prasarana | B | Baik | Dosen merasa puas terhadap ketersediaan informasi layanan keuangan, ketepatan dalam memberikan solusi yang berkaitan dengan keuangan, transparansi anggaran kegiatan Prodi, proses pembayaran honorarium, serta ketersediaan sarpras untuk mendukung Tridharma |
Kepuasan Dosen atas layanan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat | B | Baik | Dosen merasa puas terhadap dukungan dana dan sharing fasilitas untuk penelitian dan PkM serta kolaborasi penelitian dan PkM di lingkungan FT |
Kepuasan Tenaga Kependidikan atas atmosfer akademik | B | Baik | Tenaga Kependidikan merasa puas terhadap suasana hubungan kerja di FT serta keberagaman suku, agama, ras, dan disabilitas di FT |
Kepuasan Tenaga Kependidikan atas layanan pengelolaan dan pengembangan SDM | B | Baik | Tenaga Kependidikan merasa puas terhadap kesempatan untuk meningkatkan kompetensi, daya dukung teknologi dan tata kelola yang sesuai dengan tuntutan kerja, pemberian reward terhadap prestasi yang dicapai, serta pemerataan tugas tambahan yang diberikan oleh pimpinan FT |
Kepuasan Tenaga Kependidikan atas layanan pengelolaan keuangan, sarana dan prasarana | B | Baik | Tenaga Kependidikan merasa puas terhadap ketersediaan informasi layanan keuangan, proses pembayaran honorarium, serta ketersediaan sarpras untuk mendukung pekerjaan sebagai Tenaga Kependidikan |
Kepuasan Mahasiswa atas layanan pengelolaan keuangan, sarana dan prasarana | B | Baik | Mahasiswa merasa puas terhadap layanan keuangan, transparansi anggaran kegiatan kemahasiswaan, ketersediaan sarpras untuk pembelajaran di ruang kelas, ketersediaan sarpras di laboratorium, fasilitas ruang baca, ketersediaan fasilitas umum, serta ketersediaan sarpras teknologi informasi untuk mendukung kegiatan pembelajaran |
Kepuasan Mahasiswa atas layanan dan proses pendidikan | A | Sangat Baik | Mahasiswa merasa sangat puas terhadap kemampuan dosen, tenaga kependidian dan pengelola dalam memberikan pelayanan untuk mendukung proses pembelajaran |
Kepuasan Alumni atas layanan FT | B | Baik | Alumni merasa puas terhadap upaya FT dalam memfasilitasi lulusan untuk memasuki dunia kerja dan jejaring FT/Prodi yang membantu akses ke dunia kerja |
Kepuasan Mitra Kerjasama atas layanan FT | A | Sangat Baik | Mitra kerjasama merasa sangat puas terhadap implementasi kerjasama dengan FT |