Detail Proses Pengajuan Sidang Tesis S2 Teknik Sipil Universitas Jember

Detail proses pengajuan sidang tesis pada Masa Darurat COVID-19 ialah sebagai berikut:

  1. Mahasiswa meminta persetujuan dari Admin Akademik Jurusan (Mbak Yeny Ardha) mengenai Transkrip yang menyatakan persyaratan jumlah SKS minimum, IPK, PP, Mata Kuliah Wajib dan Mata Kuliah Umum sudah terpenuhi melalui  WA Pak Djaelani (admin Jurusan Teknik Sipil)
  2. Administrasi jurusan (sebagai wakil akademik di jurusan) membuat pernyataan bahwa mahasiswa ybs. telah/ belum memenuhi persyaratan:
    1. IPK lebih dari atau sama dengan 3,00 (minimal nilai B);
    2. Jumlah SKS lebih dari/sama dengan 27 SKS (setelah dikurangi mata kuliah yang mengulang);
  3. Mahasiswa meminta persetujuan Dosen Pembimbing Akademik (melalui e-mail yang menyatakan bahwa mahasiswa ybs. sudah sudah memenuhi untuk syarat pendaftaran Seminar Proposal) dengan melampirkan bukti persetujuan dari Admin Jurusan dan Transkrip sebagai pengganti M1a;
  4. Dosen Pembimbing Akademik melakukan verifikasi hasil persetujuan dari Admin Jurusan;
  5. Dosen Pembimbing Akademik memberikan persetujuan kepada mahasiswa ybs. setelah melakukan verifikasi;
  6. Mahasiswa meminta persetujuan dua orang Dosen Pembimbing mengenai Laporan Tesis, dan pendaftaran sidang tesis melalui e-mail;
  7. Mahasiswa mengisi data umum di google-form (https://unej.id/daftarsidangtesis  ):
  • Mahasiswa melakukan upload berkas Laporan Tesis ;
  • Mahasiswa melakukan upload berkas persyaratan Sidang Tesis:
    1. KRS;
    2. Transkrip (memuat keseluruhan jumlah SKS yang sudah ditempuh);
    3. Bukti Persetujuan Admin Jurusan;
    4. Bukti Persetujuan Dosen Pembimbing Akademik;
    5. Bukti Persetujuan kedua dosen pembimbing;
    6. Sertifikat TPA dan TKBI (sudah lulus);
    7. Buku Kerja Tugas Akhir (bukti komunikasi/konsultasi kepada pembimbing via media apapun);
    8. Artikel ilmiah dan bukti bahwa artikel sudah diterima (Letter of Acceptance);

Setelah itu, Komisi Bimbingan membuat jadwal Sidang Tesis berdasarkan data yang diisikan mahasiswa pada google-form.

  1. Mahasiswa mengirimkan berkas Laporan Tesis melalui e-mail atau Whatsapp dan memberi notifikasi dan mengingatkan mengenai jadwal melalui Whatsapp kepada seluruh dosen pembimbing dan dosen penguji maksimal H-2 pelaksanaan sidang tesis;
  2. Mahasiswa melaksanakan sidang tesis (mahasiswa menggunakan pakaian formal yaitu kemeja putih dan bawahan gelap serta jas almamater jika ada);

 

Detail Kegiatan Pasca Sidang Tesis dalam Masa Darurat COVID-19 

 

  1. Mahasiswa melakukan revisi laporan tesis sampai mendapatkan tanda tangan pada lembar pengesahanl dari dua dosen pembimbing dan dua dosen penguji kemudian mengunggah revisi laporan yang telah memiliki lembar pengesahan tersebut ke SISTER;
  2. Mahasiswa mengunggah artikel jurnal dan bukti artikel diterima atau dipublikasikan ke SISTER
  3. Mahasiswa meminta persetujuan kepada dosen pembimbing;
  4. Komisi Bimbingan melakukan input nilai Tesis di SISTER

 

 

Jember, 12 April 2022

ttd.

Komisi Bimbingan S-2 Teknik Sipil 2022

 

Catatan:

Tautan Google Drive dokumen tesis:

https://unej.id/doktesis

Tautan Pendaftaran Sidang Tess:

https://unej.id/daftarsidangtesis