Detail Proses Pengajuan Seminar Proposal Tesis

Detail proses pengajuan Seminar Proposal dalam Masa Darurat COVID-19 ialah sebagai berikut:

  1. Mahasiswa meminta persetujuan dari Akademik (Mbak Yeny Ardha) mengenai Transkrip yang menyatakan persyaratan jumlah SKS minimum, IPK, PP, Mata Kuliah Wajib dan Mata Kuliah Umum sudah terpenuhi melalui  WA Pak Djaelani
  2. Administrasi jurusan (sebagai wakil akademik di jurusan) membuat pernyataan bahwa mahasiswa ybs. telah/ belum memenuhi persyaratan:
  1. IPK lebih dari atau sama dengan 3,00 (minimal nilai B);
  2. Jumlah SKS lebih dari/sama dengan 18 SKS (setelah dikurangi mata kuliah yang mengulang);
  3. Telah menempuh mata kuliah Metodologi Penelitian dan Statistik Terapan
  1. Mahasiswa meminta persetujuan Dosen Pembimbing Akademik (melalui e-mail yang menyatakan bahwa mahasiswa ybs. sudah sudah memenuhi untuk syarat pendaftaran Seminar Proposal) dengan melampirkan bukti persetujuan dari Admin Jurusan dan Transkrip sebagai pengganti M1a;
  2. Dosen Pembimbing Akademik melakukan verifikasi hasil persetujuan dari Admin Jurusan;
  3. Dosen Pembimbing Akademik memberikan persetujuan kepada mahasiswa ybs. setelah melakukan verifikasi;
  4. Mahasiswa meminta persetujuan Dosen Konsultasi mengenai Judul/Topik Tugas Akhir, kesediaan menjadi dosen pembimbing, dan pendaftaran seminar proposal melalui e-mail;
  5. Mahasiswa mengisi data umum di google-form (https://unej.id/daftarsempro ):
  • Mahasiswa melakukan upload berkas Proposal Tesis ;
  • Mahasiswa melakukan upload berkas persyaratan Seminar Proposal (maks. 1 MB):
      1. KRS;
      2. Transkrip (memuat keseluruhan jumlah SKS yang sudah ditempuh);
      3. Bukti Persetujuan Admin Jurusan;
      4. Bukti Persetujuan Dosen Pembimbing Akademik;
      5. Bukti Persetujuan DPU dan DPA;
      6. Sertifikat TPA dan TKBI (sudah lulus ataupun belum lulus);
      7. Buku Kerja Tugas Akhir (bukti komunikasi/konsultasi kepada pembimbing via media apapun);

Setelah itu, Komisi Bimbingan membuat jadwal Seminar Proposal berdasarkan data yang diisikan mahasiswa pada google-form.

  1. Mahasiswa mengirimkan berkas Proposal Tesis melalui e-mail atau Whatsapp dan memberi notifikasi dan mengingatkan mengenai jadwal melalui Whatsapp kepada seluruh dosen pembimbing dan dosen penguji maksimal H-2 pelaksanaan seminar proposal;
  2. Mahasiswa melaksanakan seminar proposal (mahasiswa menggunakan pakaian formal yaitu kemeja putih dan bawahan gelap serta jas almamater jika ada);

Detail Pasca Seminar Proposal Tesis:

  1. Mahasiswa melakukan input data Tesis di SISTER;
  2. Mahasiswa melakukan revisi proposal sampai mendapatkan tanda tangan pada lembar pengesahan revisi proposal dari dua dosen pembimbing dan dua dosen penguji kemudian mengunggah revisi proposal yang telah memiliki lembar pengesahan tersebut ke SISTER;
  3. Jika mahasiswa tidak menyerahkan revisi proposal dalam kurun waktu 2 bulan maka diharuskan melaksanakan seminar proposal ulang;
  4. Proses permintaan surat tugas pembimbing dan surat tugas penguji di Fakultas Teknik ialah sebagai berikut:
    1. Datang ke Bagian Umum di lantai 1 untuk meminta nomor surat pembimbing/penguji
    2. Datang ke Bagian Akademik di lantai 1 untuk print surat tugas
    3. Datang ke ruang dekan lantai 2 untuk mendapat pengesahan (tandatangan dekan beserta stempel
    4. Surat tugas tersebut didokumentasikan dan disimpan dengan baik dan dapat diberikan kepada dosen pembimbing atau penguji