Training of Trainer Building with Nature 2

Pada tanggal 26-30 Januari 2020, Deltares mengundang dua orang dosen Teknik Sipil Universitas Jember untuk mengikuti pelatihan Membangun bersama Alam 2 (Training of Trainer Building with Nature 2) di Bali. Ibu Dr. Ir. Entin Hidayah, M.UM dan Retno Utami A. W., Ph.D hadir mewakili Teknik Sipil Universitas Jember dalam acara ini.

Pada pelatihan ini, kami diberi pelatihan mengenai konsep Building with Nature, membangun bersama alam. Melalui konsep ini, para Engineer diajak untuk berpikir lebih jauh mengenai struktur yang dibangunnya. Jika struktur tersebut dapat dibangun selaras dengan alam, memanfaatkan bahan alam, dan ramah lingkungan, maka ekosistem yang ada di sekitar struktur yang dibangun akan terjaga. Bahkan lebih jauh lagi, ekosistem akan semakin kaya dan akan kembali memberikan manfaat pada manusia.

Pelatihan hari pertama dilaksanakan pada tanggal 27 Januari 2020 pukul 09.00 – 17.00 WITA. Pada hari pertama dilaksanakan pelatihan mengenai pendahuluan “Building with Nature”, contoh-contoh dan aplikasinya yang disampaikan oleh Mr. Amrit.

Setelah itu disampaikan mengenai “Curriculum Cycle and Training Needs” sekaligus praktek membuat pendahuluan kurikulum oleh Mr. Bouke. Pada sesi terakhir disampaikan mengenai pendahuluan MOOC yang disampaikan oleh Mrs. Heleen.

Pada hari kedua, tanggal 28 Januari 2020 pelatihan dilaksanakan pukul 09.00 – 17.00 WIB. Pada sesi pagi hari, Mr. Amrit membahas mengenai pertanyaan yang telah diajukan pada hari pertama. Jawaban yang diberikan kemudian didiskusikan bersama. Setelah itu Pak Rudhi Pribadi memberikan presentasi mengenai mangrove sebagai bagian dari manajemen pantai di Indonesia. Diskusi yang seru menambah hangat sesi ini. Pada akhir sesi dilaksanakan workshop mengenai pembuatan struktur BwN untuk studi kasus di Demak. Kreativitas para peserta terasah dengan adanya sesi pembuatan maket yang seru dan menyenangkan.

Pada hari Selasa malam, dilaksanakan penandatanganan MoA antara Building with Nature dengan dekan dari beberapa universitas termasuk Fakultas Teknik Universitas Jember. Acara pada malam tersebut juga dimeriahkan dengan penampilan tari Bali dan makan malam.

Pada hari ketiga, tanggal 29 Januari 2020 pelatihan dilaksanakan pukul 09.00 – 17.00. Mr. Bouke menjelaskan topic “Learning objectives, evaluation, subject matter, and learning activities”. Kemudian Mrs. Heleen menjelaskan “Distilling Social Design Principles”.

Pada hari keempat, tanggal 30 Januari 2020 pelatihan dimulai pada pukul 09.00. Pada sesi ini masing-masing kelompok memberikan presentasi mengenai kurikulum yang akan dilaksanakan di universitas masing-masing. Pada hari terakhir ini juga para peserta diminta mengisi kuesioner mengenai keberlangsungan pelatihan.

Empat hari yang sangat mengesankan berakhir dan seluruh peserta pelatihan kembali ke kota masing-masing. Kami berterima kasih kepada Deltares yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk mengikuti pelatihan yang membuka wawasan, menambah energi baru, sekaligus seru dan menyenangkan. Dengan diajarkannya konsep Building with Nature kepada mahasiswa, diharapkan kelak lulusan Teknik Sipil akan lebih mempertimbangkan konsep bangunan yang ramah lingkungan dan selaras dengan alam di dunia kerjanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *