Seminar Proposal dan Sidang Tesis Daring Magister Teknik Sipil

Sejak 16 Maret 2020 sampai akhir semester genap tahun ajaran 2019/2020, perkuliahan dan aktivitas pembelajaran dilaksanakan di Program Studi Magister Teknik Sipil Universitas Jember dilakukan secara daring. Hal ini disebabkan oleh status darurat Covid-19 yang diberlakukan di Jember dan ditegaskan oleh surat edaran dari Rektor Universitas Jember.

Hal ini tidak menutup jalan bagi mahasiswa Program Studi Magister Teknik Sipil yang akan melaksanakan seminar proposal dan sidang tesis. Sejak diberlakukannya status darurat tersebut, 7 mahasiswa telah melaksanakan seminar proposal secara daring pada tanggal 1-6 April 2020  yaitu Devi Ratna H., Firdha Rizqi Y., Rida Hifza R., Agus Siswanto, Fahmadia M., Yulianata Halim A., dan Ari Setijorini. Adapun Didik Efendi mengikuti seminar proposal pada tanggal 18 Mei 2020.

Seluruh dosen Program Magister Teknik Sipil Universitas Jember terlibat dalam seminar proposal ini. Pelaksanaan seminar proposal daring pada periode 1-6 April 2020 juga merupakan pelaksanaan seminar proposal secara daring pertama yang dilaksanakan oleh Jurusan Teknik Sipil Universitas Jember.

Dalam manajemen pelaksanaan seminar proposal ini, form dan persyaratan untuk melaksanakan seminar juga dikumpulkan secara daring. Adapun borang penilaian mahasiswa juga diisi secara daring oleh dosen pembimbing dan penguji pada saat pelaksanaan seminar. Untuk menjaga keamanan hasil penilaian, borang penilaian yang telah diisi dikunci setelah seminar selesai sehingga tidak dapat diubah oleh pihak yang tidak berkepentingan.

Berikut adalah contoh tangkapan layar ketika mahasiswa melakukan seminar proposal dengan media Zoom.

Pelaksanaan Seminar Proposal Rida Hifza
Pelaksanaan Seminar Proposal Yulianata Halim Afandi

Tidak hanya seminar proposal, pada masa darurat Covid-19 ini juga dilaksanakan sidang tesis mahasiswa Magister Teknik Sipil Universitas Jember. Setelah selesai menyelesaikan proses pengiriman dan revisi artikel ilmiah sampai artikel tersebut dinyatakan diterima (accepted) pada jurnal internasional, dua orang mahasiswa dinyatakan layak untuk mengikuti sidang tesis. Kedua mahasiswa tersebut ialah Bangun Ready dan Hatin Sudarwadi.

Artikel ilmiah Bangun Ready berhasil diterbitkan pada International Journal of Geomate dengan judul “Analysis of Slope Stability in Soft Soil using Hardening Soil Modeling and Strengthening of Bamboo Matress”. Artikel tersebut diterbitkan bersama dengan dua pembimbingnya, Dr. Ir. Krisnamurti, MT. dan Indra Nurtjahjaningtyas, ST., MT. Artikel dapat diakses pada tautan https://www.geomatejournal.com/node/1966 .

Adapun artikel ilmiah Hatin Sudarwadi berhasil diterbitkan pada International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR) dengan judul “Green Building Concept on the Planning of Islamic Development Bank (IsDB) Building at Jember University”. Artikel tersebut berhasil diterbitkan bersama dua pembimbingnya, Dr. Anik Ratnaningsih, ST., MT. dan Dr. Yeny Dhokhikah, ST., MT. Artikel dapat diakses pada tautan https://gssrr.org/index.php/JournalOfBasicAndApplied/article/view/10984/ .

Berikut adalah tangkapan layar ketika mahasiswa melaksanakan sidang tesis melalui media Zoom.

Sidang Tesis Hatin Sudarwadi
Sidang Tesis Bangun Ready

Selamat kepada kedua mahasiswa yang telah menyelesaikan sidang tesis! Semoga semakin memotivasi mahasiswa yang lain untuk lulus dan mengamalkan ilmunya agar bermanfaat bagi masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *