Rangkaian Kuliah Tamu Internasional Jurusan Teknik Sipil Universitas Jember

Pandemi yang menyelimuti seluruh belahan bumi membuat terbatasnya ruang gerak manusia untuk beraktivitas. Akan tetapi hal ini juga membuat kreativitas kita untuk menggali berbagai potensi yang bisa kita lakukan tanpa harus berpindah tempat. Salah satunya adalah kuliah tamu yang dilakukan secara daring dengan menggunakan platform Zoom. Dalam rangka ulang tahun Universitas Jember ke-56, pada bulan November dan Desember 2020, Jurusan Teknik Sipil menyelenggarakan rangkaian kuliah tamu internasional yang diisi oleh akademisi dari beberapa negara.

Kuliah tamu internasional yang pertama diselenggarakan pada tanggal 18 November 2020 dengan pemateri Prof. Dr. Zulkifli Yusop (Center for Environmental Sustainability and Water Security Universiti Teknologi Malaysia) yang mengambil topik “Flood Risk Mitigation”. Bertindak sebagai moderator dalam acara ini ialah Dr. Ir. Entin Hidayah, M.UM. Dalam awal presentasinya, pemateri menyampaikan mengenai definisi dan tipe banjir, skenario global dan situasi di Malaysia. Adapun dalam materi utamanya, beliau menjelaskan beberapa sub topik “Flood Risk Mitigation” yaitu tipe-tipe dampak banjir, pendekatan manajemen banjir, penanganan banjir secara struktural dan non-struktural, zonasi risiko banjir, hutan dan banjir, dampak terhadap perubahan iklim, dan analisis risiko.

IGL on “Flood Risk Mitigation”

Kuliah tamu internasional kedua berjudul “Holistic View of Infrastructure Development” yang diselenggarakan pada 19 November 2019. Dr. Djoen San Santoso dari Department of Civil and Infrastructure Engineering, School of Engineering and Technology Asian Institute of Technology Thailand bertindak sebagai pembicara. Adapun Dr. Ir. Jojok Widodo, ST., MT. bertindak sebagai moderator dalam acara tersebut.

IGL on “Holistic View of Infrastructure Development”

Dalam pemaparannya, pemateri menyampaikan mengenai definisi insfrastruktur, komponen insfrastruktur (infrastruktur fisik, infrastruktur personal, dan infrastruktur institusi), klasifikasi infrastruktur fisik berdasarkan fungsinya, manajemen infrastruktur, tahap perencanaan, tahap desain, tahap konstruksi, tahap operasional, tahap daur ulang dan pembuangan. Beliau juga menjelaskan mengenai manajemen infrastruktur/aset dan contoh penerapan pandangan holistik (holistic view) dalam pembangunan mass rail rapid transit. Di bagian akhir, beliau menutup penjelasan dengan bahasan infrastrtuktur dan pembangunan.

Kuliah tamu internasional ketiga berjudul “An Update on the Road Safety Status, Where are We at the End of the Decade of Action?”. Acara diadakan pada tanggal 25 November 2020 dengan platform Zoom. Ts. Dr. Siti Zaharah Ishak dari Universiti Teknologi Mara Shah Alam, Malaysia bertindak sebagai pembicara sedangkan Ir. Willy Kriswardhana, ST., MT. bertindak sebagai moderator acara ini.

IGL on “An Update on the Road Safety Status: Where Are We at the End of Decade of Action?”

Kuliah tamu internasional keempat berjudul “Urban Rail Transit Technology Roadmap & East Java Railway System Development”. Dalam acara yang dilaksanakan pada tanggal 26 November 2020 ini, sambutan diberikan oleh Rektor Universitas Jember, Dr. Ir. Iwan Taruna, M.Eng. Selain itu, ketua Masyarakat Perkeretaapian Indonesia (MASKA) juga memberikan sambutannya. Adapun dua materi diberikan masing-masing oleh Ts. Dr. Ing. Joewono Prasetijo, P.Tech(TL) dari Universiti Tun Hussein Onn Malaysia dan Dr. Ir. Dadang Supriyatno, MT.,ATU., IPU. dari Universitas Negeri Surabaya.

IGL of Transportation Research Group

Kuliah tamu internasional kelima berjudul “Role of Reinforced Concrete Structures in Earthquake Disaster Mitigation”. Kuliah tamu ini diselenggarakan pada tanggal 5 Desember 2020. Acara ini dibuka oleh rektor Universitas Jember, Dr. Ir. Iwan Taruna, M.Eng. Prof. Akira Hosoda dari Yokohama National University bertindak sebagai pemateri pada acara ini.

IGL on “Role of Reinforced Concrete Structures In Earthquake Disaster Mitigation”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *