Penerimaan Mahasiswa Baru Magister Teknik Sipil Angkatan 2020

Pada tanggal 1 September 2020, telah dilaksanakan penerimaan mahasiswa baru Program Studi Magister Teknik Sipil (PS-MTS) secara daring melalui Zoom. Acara penerimaan mahasiswa baru ini diikuti oleh enam orang mahasiswa baru Program Studi Magister Teknik Sipil yang akan berkuliah mulai semester gasal tahun ajaran 2020/2021.

Sambutan dari Ketua Jurusan Teknik Sipil

Acara ini diawali dengan sambutan dari Ketua Jurusan Teknik Sipil, Bapak Dr. Ir. Gusfan Halik, ST., MT. Beliau mengucapkan selamat atas diterimanya mahasiswa pada PS-MTS. Beliau juga memperkenalkan para dosen yang hadir pada pertemuan daring tersebut yaitu Sekretaris Jurusan Teknik Sipil Ibu Wiwik Yunarni, ST., MT. Kaprodi PS-MTS Bapak Dr. Ir. Krisnamurti, MT. dan koordinator Komisi Bimbingan Tesis Ibu Retno Utami A. W., Ph.D.

Perkenalan dosen

Acara dianjutkan dengan penyampaian materi dari Kaprodi PS-MTS, Bapak Dr. Ir. Krisnamurti, MT. Beliau menyampaikan mengenai visi-misi PS-MTS dan bagaimana cara melakukan pemrograman KRS dan perwalian untuk semester pertama ini. Beliau juga menyampaikan pembagian Dosen Pembimbing Akademik untuk masing-masing mahasiswa baru.

Pemberian materi oleh Kaprodi PS-MTS

Selain itu, beliau menjelaskan struktur kurikulum PS-MTS juga peta mata kuliah (Course-Mapping) yang akan ditempuh mahasiswa selama studi nanti. Pada semester 1, mahasiswa baru akan menempuh 12 sks mata kuliah yang terdiri atas Mata Kuliah (MK) Pengelolaan Bencana, Riset Operasi dan Komputasi, Sistem Peringatan Dini dan SIG, serta Manajemen Aset Infrastruktur.

Jadwal kuliah dapat dilihat oleh mahasiswa pada Sistem Informasi Terpadu (SISTER) mahasiswa. Masa perkuliahan PS-MTS semester ini ialah 21 September 2020 hingga 16 Januari 2021. Adapun perkuliahan akan dilaksanakan secara daring.

Bapak Dr. Ir. Krisnamurti, MT. juga menjelaskan mengenai peraturan akademik berdasarkan Pedoman Penyelenggaraan Program Magister di Universitas Jember pada Pasal 10 yaitu:

Program Magister memiliki beban studi minimal 36 (tiga puluh enam) sks dengan
sebaran matakuliah sebagai berikut:
(1) Matakuliah umum atau matakuliah dasar sebanyak minimal 6 (enam) sks yang
dibebankan;
(2) Matakuliah atau blok matakuliah wajib program studi dan matakuliah pilihan
sebanyak minimal 18 (delapan belas) sks yang dibebankan;
(3) Beban tugas akhir berupa tesis/karya seni/bentuk lain yang setara dengan 12
(dua belas) sks yang bentuk kegiatan berupa tatap muka, penelitian dan seminar;
(4) Menghasilkan minimal 1 (satu) artikel dari hasil penelitian tesis/karya desain/seni/bentuk lain yang telah diterima untuk dipublikasikan pada jurnal/terbitan berkala ilmiah nasional terakreditasi, atau jurnal/berkala ilmiah internasional atau proseding yang bereputasi;
(5) Beban pembelajaran pada program Magister dapat diselesaikan dalam rentang
waktu 3 (tiga) sampai 8 (delapan) semester.

Selain itu, dijelaskan bahwa berdasarkan Pasal 13 masa penyelenggaraan studi Program Magister ialah 1,5 tahun dengan batas lama studi selama 4 tahun. Adapun evaluasi setiap akhir semester mengharuskan IPK akhir semester kesatu > 2,75 dan IPK akhir semester kedua > 3,00 dan telah menempuh sekurang-kurangnya 18 sks dengan nilai minimal C.

Setelah adanya materi tersebut, diadakan perkenalan dengan lima dari enam mahasiswa baru. Masing-masing memperkenalkan nama dan latar belakang studi S1-nya. Para dosen memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk bersemangat dalam kuliah dan penelitian yang akan dilakukan dalam 2 tahun mendatang.

Walaupun tidak seideal tahun-tahun sebelumnya, insyaAllah dengan optimisme, semangat menuntut ilmu serta kerja keras, kesuksesan akan dapat diraih dengan pertolongan Tuhan. Selamat berkuliah untuk para mahasiswa!

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *