Pelatihan Daring “Pemodelan Laut dan Pantai dengan Delft3D”

Pada hari Rabu, 19 Agustus 2020 Prodi Magister Teknik Sipil Universitas Jember menyelenggarakan acara Pelatihan Pemodelan Laut dan Pantai dengan Delft3D. Acara ini menjadi istimewa karena ini adalah tindak lanjut dari MoA antara the Building with Nature Platform Indonesia dengan Fakultas Teknik Universitas Jember yang telah ditandatangani pada tanggal 28 Januari 2020.

Pelatihan dimulai pada pukul 12.00 WIB. Retno Utami A. W., Ph.D sebagai pembawa acara mengawali pelatihan dengan memandu peserta untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya dan berdoa.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan yang diberikan oleh Ketua Jurusan Teknik Sipil, Bapak Dr. Ir. Gusfan Halik, ST., MT. Beliau mengucapkan terima kasih atas kesediaan para pembicara untuk memberi materi pada pelatihan daring. Beliau juga menyampaikan terima kasih atas kehadiran peserta yang berasal tidak hanya dari mahasiswa dan dosen Universitas Jember tetapi juga dari berbagai universitas dan instansi lain. Sambutan beliau juga sekaligus merupakan pembuka acara.

Sambutan dan Pembukaan dari Bapak Dr. Ir. Gusfan Halik, ST., MT.

Materi yang pertama ialah “Nature-based solutions using Deltares Open Software” yang dibawakan oleh Dr. Arthur van Dam yang merupakan Senior Advisor/Researcher dari Deltares. Beliau menyampaikan tiga hal yaitu pengenalan mengenai Deltares, open software comunities, dan Nature Based Solutions yaitu aplikasi dari Building with Nature.

Materi Pertama dari Dr. Arthur van Dam

Beliau menjelaskan bagaimana Deltares telah membuat perangkat lunaknya menjadi open source sofware. Mereka membuka peluang untuk komunitas peneliti dari seluruh dunia untuk berkontribusi dalam programnya. Di antara kontribusi komunitas peneliti yang telah diberikan ialah gravel transport formula oleh Richard Measures (NIWA), bed consolidation and compaction yang diberikan oleh Zheng Zhou (Uni Cantabria) dan Aulia Valencia (TU Delft), tidal turbines oleh Chris Chartrand (SANDIA), plants and more biology oleh Mijke van Oorschot dan Muriel Brucker (Uni Utrect), dan bank erosion oleh Alberto Canestrelli (Penn State University).

Open source Delft3D dapat diperoleh dengan mengakses htps://oss.deltares.nl. Untuk tipe ini, pengguna perlu melakukan kompilasi program secara mandiri. Adapun untuk menggunakan Delft3D yang sudah terkompilasi dan memiliki GUI, maka pengguna perlu melakukan subscription dengan membayar dengan harga yang telah ditentukan. Adapun untuk sekolah dan universitas, terdapat versi yang lebih murah daripada versi umum (https://www.deltares.nl/en/software/package/delft3d-educational-service-package/).

Dr. Arthur van Dam menyampaikan bahwa Nature Based Solutions (NBS) penting dalam mencapai misi Deltares untuk menjaga wilayah delta dan menjaga keberlanjutannya. Tiga contoh yang diberikan ialah floodplain development, mangrove development and sea level rise, serta salt marshes.

Materi kedua ialah pelatihan pemodelan tsunami menggunakan Delft3D yang disampaikan  oleh seorang expert user Delft3D yaitu Bapak Irham Adrie Hakiki, ST. dari Balai Teknik Pantai Kementrian PUPR.

Materi kedua dari Irham Adrie Hakiki, ST.

Materi diawali dengan pendahuluan mengenai Delft3D, nonlinear shallow water equation, syarat batas model hidrodinamik, dan syarat batas kestabilan. Setelah itu materi dilanjutkan dengan penjelasan mengenai tsunami yaitu mekanisme pembangkitan tsunami dan paramater pembangkitan model tsunami. Pada bagian akhir, dilakukan demonstrasi pemodelan tsunami menggunakan studi kasus tsunami Banyuwangi 1994.

Pada akhir kedua sesi, dilaksanakan tanya jawab yang secara antusias diikuti oleh para peserta. Sayangnya dengan waktu yang terbatas, tidak semua pertanyaan dapat dijawab. Mudah-mudahan dengan dilaksanakannya seminar daring ini, dapat memicu semangat para peneliti Indonesia untuk membangun model yang baik yang dapat digunakan untuk menganalisis kondisi laut dan pantai di Indonesia untuk memberikan solusi-solusi terbaik bagi permasalahan yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *