Matrikulasi Mahasiswa Baru Prodi Magister Teknik Sipil Angkatan 2020/2021 Semester Genap

Pada Hari Senin sampai Jumat, 22-26 Februari 2021, telah terlaksana kegiatan matrikulasi mahasiswa baru magister Teknik Sipil angkatan 2020-2021 semester genap. Seluruh mahasiswa berjumlah 6 orang. Pada hari pertama, sesi pertama diisi dengan pembukaan dan sambutan dari Kepala Jurusan Teknik Sipil serta Kaprodi S2 Teknik Sipil. Pada sesi tersebut dijelaskan juga beberapa hal mengenai tesis oleh Koordinator Kombi S2 Teknik Sipil.

Pembukaan dilanjutkan dengan penyampaian materi pertama yaitu “Hidrologi Lanjut” oleh Dr. Ir. Gusfan Halik, ST., MT. Materi pertama dilanjutkan dengan materi kedua yang disampaikan oleh Dr. Ir. Entin Hidayah, M.UM mengenai “Pengelolaan Sumber Daya Alam”.

Materi I: Hidrologi Lanjut
Materi II: Pengelolaan SDA

 

 

 

 

 

Hari kedua bertemakan Rekayasa Struktur. Pada hari kedua sesi pertama diberikan materi dengan judul “Peran Ilmu-Ilmu Struktur dan Material di Teknik Sipil dalam Manajemen Kebencanaan” oleh Ir. Ketut Aswatama, ST., MT. Materi pertama dilanjutkan dengan materi kedua yaitu “Analisis dan Evaluasi Kinerja Struktur” oleh Dr. Ir. Krisnamurti, MT.

Materi III: Peran Ilmu-Ilmu Struktur dan Material di Teknik Sipil dalam Manajemen Kebencanaan
Materi IV: Analisis dan Evaluasi Kinerja Bangunan Sipil

 

 

 

 

 

Hari ketiga bertemakan Rekayasa Geoteknik. Sesi pertama diisi dengan materi berjudul “Mekanika Tanah” yang disampaikan oleh Luthfi Amri Wicaksono, ST., MT. dan materi kedua dengan judul “Stabilitas Lereng” yang disampaikan oleh Dr. Ir. Indra Nurtjahjaningtyas, ST.,MT.

Materi V: Mekanika Tanah
Materi VI: Stabilitas Lereng

 

 

 

 

 

Hari keempat bertemakan “Manajemen dan Teknologi Konstruksi”. Sesi pertama diisi oleh materi dari Dr. Ir. Anik Ratnaningsih, ST., MT berjudul “Manajemen Konstruksi”. Sedangkan sesi kedua diisi oleh materi dari Dr. Ir. Jojok Widodo, ST., MT. berjudul “Teknologi Konstruksi”.

Materi VII: Manajemen Konstruksi
Materi VIII: Teknologi Konstruksi

 

 

 

 

 

Pada hari terakhir disampaikan materi berjudul “Pengantar Teknik Pantai” yang disampaikan oleh Retno U. A. W., Ph.D.

Materi IX: Pengantar Teknik Pantai

Dengan penyampaian materi ini berakhirlah rangkaian matrikulasi yang diikuti oleh enam orang mahasiswa baru S2 Teknik Sipil Universitas Jember yaitu Nillam Yahaya A., ST., Arya Bagas P., ST., Yudha Rahmadani F, ST., Andreas Parningotan S., ST., Risqi Sofiana, ST., dan Tedy Pranadiarso, ST. Semoga materi yang disampaikan dapat bermanfaat dan membawa semangat dalam pembelajaran pada semester-semester selanjutnya!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *